09 October 2012

KENALI MEMORY KAD ANDA

Salam Semua..



Memory Card merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, tablet dan Handphone. Saiz dari memori card ini berbeza-beza seperti 2Gb, 4Gb, 16Gb, 32Gb dan sebagainya



Berikut adalah jenis-jenis memory card. 


1. Memory Stick
Memory Stick merupakan memory card yang diperkenalkan oleh SONY dan dipatenkan untuk alat-alat elektronik keluarannya. Hampir semua kamera buatan SONY dan permainan PSP menggunakan memory stick sebagai media penyimpanannya.


Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo
Merupakan generasi kedua Memory Stick dengan kecepatan dan kapasiti penyimpanan yang meningkat.


Memory Stick Micro M2
Memory Stick Micro (M2) menawarkan penyimpanan data yang lebih besar, saat ini telah  mencapai ukuran 8GB.


2. Multimedia Card (MMC)

3. Secure Digital Card (SD Card)



4. Compact Flash Card (CF Card)


5. Smart Media Card

Mari kita Lihat microSD Secara Khusus

Tips membeli microsd :


Class 10 adalah memory dengan kecepatan penulisan tertinggi, tentunya semakin besar Class Micro SD anda semakin hebat pula card itu untuk menangani berbagai media yang ada saat ini. Bila anda memakai gadget android misalnya dengan card kelas yang lebih tinggi, ia dapat memberikan perpindahan data dengan cepat misal dari gadget anda ke komputer atau bila anda menginstall banyak game High Definition dan disimpan di Micro SD tentunya game tersebut dapat terbaca dengan lancar juga cepat.


Multimedia Card (MMC) merupakan card memori standard, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card.


RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card)
Merupakan MMC generasi selanjutnya dengan ukuran lebih kecil, dapat digunakan pada slot MMC maupun SD Card dengan menggunakan sebuah adapter.

Bentuk SD Card seukuran dengan MMC dengan nilai transfer data yang lebih cepat. Banyak digunakan mulai dari handphone, kamera dan komputer. SD Card mempunyai switch yang berfungsi agar SD Card menjadi write protected. 

Mini SD
Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter.

Micro SD / TransFlash
Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB.


XD Card
Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya.

Compact Flash Card (CF Card) merupakan kartu memori yang paling banyak digunakan pada kamera digital. Memiliki kecepatan transfer data yang paling cepat kerana memori ini memiliki chip controller. Selain dapat meyimpan file multimedia juga dapat menyimpan file data lainnya seperti text dan sebagainya.
Ada 2 ukuran dari CF Memory ini iaitu Compact Flash tipe I dan Compact Flash tipe II.  CF II lebih tebal (kira-kira 5mm) dari CF I (kira-kira 3,3mm) dan mempunyai kapasiti penyimpanan yang lebih besar.

6. Lain - Lain Memory Card 
Selain ke lima memory card diatas masih ada jenis memory card yang lain diantaranya: 

PC Card / PCMCIA SDHC (secure digital higt capacity)
SM (SmartMedia).
xD-Picture.
Intelligent Stick.
ยต card.
SxS™ Memory Card

Class Memory Card

Memory SDHC memiliki satu standard yang disebut Class. Standard Class yang dimaksudkan kecepatan minimum untuk penulisan data. Dibawah ini nilai minimum untuk kecepatan penulisan data.

* Class 2 : 2MB/s atau kecepatan 13X
* Class 4 : 4MB/s atau kecepatan 26X
* Class 6 : 6MB/s atau kecepatan 30X
* Class 8 : 8MB/s atau kecepatan 40X
* Class 10 : 10MB/s atau kecepatan 66X

credit : caraandroid

2 comments:

  1. Salam. Saya kurang faham apakah fungsi adapter pada kad memori?

    ReplyDelete
    Replies
    1. adapter yang dimaksudkan disini adalah untuk memudahkan sd card dibaca dgn pc atau untuk menukarkan micro sd card kepada sd card... http://www.ign.com/faqs/2008/super-smash-bros-brawl-stage-builder-faqmini-guide-859391

      Delete